Membuat Animasi dengan PowerPoint

Secara daring, kami belajar membuat animasi mulut berbicara melalui power point dengan judul kegiatan, “Apa itu Animasi Mulut berbicara di PowerPoint”. Acara diselenggarakan kamis, 27 Agustus 2020 lalu. KGB Bandung mengadakan Temu Pendidik daerah yang ke 22 ini melalui aplikasi G-Meet.

Poster membuat animasi dengan powerpoint

Kegiatan yang dilakukan secara virtual ini membuat kami belajar banyak hal dalam teknologi terutama membuat animasi di powerpoint sehingga pembelajaran bisa diberikan pada murid dengan lebih menarik. 

Kelas ini diawali dengan melihat dua karakter animasi yang sedang berbicara sambil menggerakan mulut. Tayangan itu membuat kami semakin penasaran untuk segera mempelajarinya. Melalui kelas ini, guru-guru diajak untuk belajar membuat video animasi pembelajaran mulut bergerak. Setelah diajarkan cara meletakan dan menggerakan mulut dalam powerpoint, kami diajarkan mencari dan mendapatkan gambar dari sebuah situs. 

Kami disarankan untuk menggunakan gambar tipe GIF untuk mulut agar dapat terlihat bergerak ketika berbicara. Kami menyadari bahwa era digital semakin berkembang dan ini menuntut kita sebagai guru yang merdeka belajar, untuk terus mencari cara dalam menyesuaikan diri dengan teknologi dalam menjawab kebutuhan belajar murid. 

Kelas ini dinarasumberi oleh Pak Rahman Sapta, seorang desainer grafis dari Semarang. Selain aktif membuat konten tentang animasi di channel youtube “Dunia Kita”, beliau pun membuka kursus desain grafis “Pixel Design” di kota Semarang. 

pembelajaran jarak jauh

Hadir juga Pak Zaenuri Arif dari KGB Bandung yang menjadi pemandu jalannya kelas. Ide ini diinisiasi oleh ibu Dewi Djuangsih, penggerak dari KGB Bandung sekaligus fundraiser program bantu kuatkan guru. Beliau tertarik dengan animasi powerpoint berbicara, sebagai media pembelajaran yang dapat menjawab kebutuhan murid. Dari yang kami pelajari, ternyata membuat media ajar animasi dengan powerpoint ini tidak harus memiliki keahlian khusus pembuatan animasi. 

Dalam pembuatannya, ada dua tipe file gambar yang digunakan. Yaitu PNG dan GIF. Kita bisa mencari tipe file GIF bisa bergerak di PowerPoint. GIF biasa dipakai juga untuk stiker pada WhatsApp atau aplikasi chat lainnya. dengan demikian kita bisa memanfaatkan file tersebut untuk membuat animasi yang bergerak dengan lebih mudah. Sedangkan file PNG adalah tipe file yang statis, tidak bergerak, tetapi memiliki background yang transparan sehingga hanya bagian gambar saja yang akan terlihat. ini cocok untuk penggunaan gambar yang akan dipasang di latarbelakang atau dasar manapun. 

Di situs freepik.com, kita bisa memilih berbagai karakter yang dapat kita gunakan. Kami diajarkan mengambil gambar dari sebuah situs yaitu situs Freepik images. Cari character free download copy and attribute dan diubah dulu ke format EPS. Dari EPS kita kita harus mengkonversinya terlebih dahulu ke bentuk WMF lalu di download. Konversi file ini bisa dilakukan secara online pada situs cloudconvert.com

“Untuk menambahkan suara, kita bisa merekamnya sendiri lalu klik speaker abu-abu di powerpoint dan langsung bisa dimasukan.” Jelas pak Rahman sembari memberi penayangan video di kelas Temu Pendidik Daerah ini. “Sebelumnya kita bisa mempersiapkan naskah, apa saja yang akan kita masukan dalam dialog. Bisa berupa materi pelajaran, seperti tanya jawab guru dengan murid. Atau pun hal-hal lain yang ingin kita masukan ke dalamnya. Bila kita mempersiapkannya dengan matang, hasilnya pun akan lebih baik.” Tambah pak Rahman. 

Pelatihan membuat animasi dengan powerpoint

Agar peserta tidak bingung, Pak Rahman mempersilahkan para peserta untuk bertanya. Ibu Dhea bertanya cara mencari gambar yang tidak berbayar karena di internet banyak sekali situs yang mengharuskan kita membayar gambar yang kita pakai. Pak Iwan juga yang bertanya tentang bagaimana caranya mengconvert powerpoint yang sudah dibuat ke dalam bentuk video, karena setelah membuat powerpoint mulut bergerak, terkadang sebagai guru beliau merasa perlu untuk menyimpannya dalam bentuk video. Diterangkan oleh pak Rahman cara melakukannya yaitu: dari filesave and sendcreate video

Namun 90 menit memang tidak cukup untuk mempelajari powerpoint mulut bergerak ini. Masih banyak rasa penasaran kami yang belum terjawab. Sepertinya kami masih membutuhkan pertemuan lanjutan berupa praktek bersama agar lebih menguasai materi ini. Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab karena terbatasnya waktu. Hal itu membuat kami semakin penasaran sehingga pertemuan lanjutan sepertinya akan dapat menjawab kebutuhan kami. Oleh karena itu pak Rahman memberikan kesempatan pada kami untuk menghubunginya jika ada pertanyaan lebih lanjut disamping mencari waktu lain yang tepat untuk membuat sesi kedua workshop ini. 

Baca Juga: 7 Model Media Ajar Inovatif

Kegiatan yang diadakan dalam rangkaian mengumpulkan donasi “Bantu Kuatkan Guru” di kitabisa.com ini mendapat respon positif dari para peserta. Melalui program yang digagas oleh KGB Nusantara ini, KGB Bandung turut mengajak setiap peserta yang ikhlas dan sedang diberi kemudahan rezeki dari Tuhan Yang Maha Esa, untuk memberi donasi yang nantinya akan didistribusikan oleh KGB Nusantara kepada guru-guru dan sekolah yang terdampak pandemi Covid-19. Tak dapat dipungkiri, bahwa keberadaan guru honorer maupun sekolah banyak yang terdampak finansial akibat adanya pandemi Covid-19 memerlukan dukungan dari segenap pihak. Semoga langkah ini senantiasa diberikan kemudahan dan keberkahan dari yang Mahakuasa. Aamiin.

About the Author

Leave a Reply

%d bloggers like this: