Arti Guru Merdeka Belajar

Menonton Video Penjelasan Arti Merdeka Belajar

Guru yang Bertanya tentang Merdeka Belajar

Sebagian dari kita termasuk saya masih banyak pertanyaan tentang arti guru merdeka belajar ini, diantaranya:

Apa arti guru merdeka belajar?
Apakah selama ini kita sudah merdeka belajar?
Bagaimanakah program guru merdeka belajar ini?
dan Apa yang harus kita lakukan di guru merdeka belajar ini?
Serta masih banyak pertanyaan di pikiran kita masing-masing.

Pertanyaan yang muncul sejak Mas Menteri Nadiem Makarim memulai melakukan gebrakan baru di dunia pendidikan, salah satunya guru merdeka belajar. Dari pertanyaan seputar arti guru merdeka belajar itu saya sangat tertarik sekali untuk mengadakan Nonton Bareng Video Guru Merdeka Belajar. Kami pun mengadakannya di SMPN 3 Lengayang, pada Senin 16 Desember 2019.

Acara kami mulai dengan perkenalan dan saling bertanya keadaan dan identitas masing-masing. Sebelum video ditayangkan kami sama-sama menulis di kertas kecil seputar pengetahuan tentang apa arti Guru Merdeka Belajar itu?. Beragam pendapat tentang Guru Merdeka Belajar ini. Tapi pada intinya semua kami yang hadir sudah dapat dikatakan sebagai Guru Merdeka Belajar, mengapa? Karena kami sudah menerapkan proses pembelajaran teknik-teknik mengajar yang menarik, bagaimana melakukan hubungan yang baik dengan siswa dan sebagainya.

Penjelasan oleh Najelaa Shihab

Setelah itu kami diajak oleh Narasumber untuk Nonton Bareng Video Mbak Najelaa Shihab tentang Guru Merdeka Belajar. Kami sangat tertegun dan terpelongoh melihat begitu bagusnya bahasa komunikasi dari Mbak Najelaa Shihab. Bahasa yang digunakan sangat jelas dan lantang sekali. Ketika bagian penjelasan keadaan guru, hati saya terasa teriris dan menangis. Begitu dalam beliau menjelaskan tentang Guru Merdeka Belajar ini. Saya terbayang bahwa banyak guru yang belum merdeka belajar, masih banyak yang tidak mau belajar lebih lanjut. Bagaimana memperbaiki diri lebih baik lagi agar bisa lebih berpihak dan membahagiakan peserta didik kita?

Baca Juga: Merdeka Belajar Bukan Jargon

Setelah itu kami berdiskusi, Apa yang dapat dipetik dari Video tadi?. Hampir semua kami memberikan komentar. Kebetulan ada peserta yang datang dari tingkat TK, nama beliu ibu Santi. Banyak kami belajar dari beliau. Dari penjelasan beliau “Bahwa penanaman karakter anak itu sudah
dilakukan sejak sekolah dini yaitu Paud dan TK.” Lanjut beliau” Tetapi ini tidak ke tingkat selanjutnya. Sehingga karakter yang baik dari Paud dan TK itu hilang. Maka banyak permasalahan negatif yang terjadi pada murid kita.”

Pesisir Selatan Arti Merdeka Belajar

Ada kalimat yang paling berkesan di hati saya dari beliau. “Jadikan peserta didik kita sebagai anak kita sendiri dan jadikan kita sebagai pelindung bagi mereka,” ucap beliau. Saya jadi memahami penting menjadi pelindung diantara kekurangan dan kesalahan yang murid lakukan. Mengapa? Karena masih banyak guru di Indonesia ini yang menjadi ancaman bagi murid yang melakukan kesalahan. Bahkan mereka menjadi takut dan tidak percaya diri bila bertemu dengan guru.

Inilah polemik yang sesungguhnya bagi saya. “Bagaimana merubah pola pikir guru ini bisa mengajar dengan penuh cinta dan kasih sayang kepada siswanya?” “Bagaimana guru yang tidak pernah tergerak hatinya untuk belajar dan memperbaiki diri?” “Walaupun sudah beri pelatihan yang gratis, mengapa tetap mengajar dengan metode yang tidak mencerminkan guru merdeka belajar?” Saya khawatir begitu banyak murid yang bisa terdampak buruk karena guru. Bahkan ada murid yang sudah tidak mau sekolah lagi karena penanganan yang tidak manusiawi dari guru seperti ini. Setelah itu kami melakukan refleksi dan melanjutkan materi “3 Jam Baca Alquran”

Demikianlah hasil dari Nonton Bareng Kami. Dari pembahasan tentang Guru Merdeka Belajar ini dan sangat banyak ilmu yang kami dapat. Kami saling berbagi pemecahan masalah di dunia pendidikan. Semoga pendidikan kita semakin maju untuk membentuk generasi muda yang jujur baik dan berakhlak mulia.

Anda masih penasaran tentang apa itu merdeka belajar?

Yuk pelajari Surat Kabar Guru Belajar Edisi 6
Unduh Gratis
Klik:
Merayakan Merdeka Belajar PDF

surat kabar edisi definisi merdeka belajar

About the Author

Leave a Reply

%d bloggers like this: