Bantu Guru Belajar Melibatkan Orangtua Murid

Penulis : rizqy | 2 Aug, 2018 | Kategori: Pelatihan guru, Program Pengembangan Guru

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai guru, orang tua dan warga sekolah untuk turut berkontribusi dalam menumbuhkan potensi dan memaksimalkan prestasi dan potensi anak didik. Pada hari Sabtu, 21 Juli 2018 bertempat di SMK Kesehatan Driewanti Husada Mandiri Bekasi, rekan-rekan Kampus Guru Cikal dan tim Rumah Main Cikal Bintaro kembali belajar bersama pada kegiatan Bantu Guru Belajar Lagi. Kali ini topik yang diangkat adalah “Pelibatan Orang Tua dalam Kegiatan di Sekolah.”

Mengapa topik ini dianggap perlu diberikan? Hal ini dirasa perlu karena saat ini keterlibatan orang tua di sekolah sangatlah sedikit. Semakin besar usia dan kelas seorang anak, maka semakin kecil pula keterlibatan orang tuanya. Padahal peran orang tua dalam hal keterlibatannya di sekolah bisa dikatakan krusial. Dan pastinya akan ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar anaknya. Namun, pertanyaan sebaliknya, apakah sekolah juga memberikan tempat bagi orang tua untuk berperan di sekolah? Apakah pihak sekolah merasa takut jika melibatkan orang tua yang akhirnya dapat mengganggu stabilitas sekolah itu sendiri? Nah, sekolah yang baik, sejatinya memberikan tempat bagi orang tua untuk turut membantu anak dalam hal pendidikannya. Diharapkan dari pelatihan ini para guru percaya dapat mengoptimalisasi peran guru di kemudian hari.

Kegiatan pelatihan yang dipandu oleh Ibu Irene Puti Damayanti dan Tim Guru Rumah Main Cikal Bintaro ini mengemukakan hubungan yang sebenarnya bisa terjadi antara orang tua dengan sekolah; konteks apa saja orang tua dapat berhubungan langsung dengan sekolah (Administrasi, Akademik & Kegiatan Sekolah), dan bentuk kegiatan di sekolah yang turut melibatkan orang tua dan sekolah.

Ada beberapa alasan mendasar yang dapat dipergunakan orang tua untuk beralasan sehingga keterlibatan orang tua menjadi kecil berdasarkan, yaitu :

  • Waktu: sibuk bekerja, sehingga orang tua tidak memiliki cukup waktu untuk ambil bagian dalam kegiatan sekolah,
  • Bahasa: terkadang terdapat istilah akademik yang tidak dikuasai orang tua, ataupun cara penyampaian bahasa yang sulit sehingga tidak diketahui oleh orang tua dan menjadi enggan untuk turut berpartisipasi,
  • Pengetahuan: orang tua merasa tidak memiliki pengetahuan yang cukup dan kurang paham, sehingga menyerahkan seluruhnya kepada sekolah,
  • Ketidaknyamanan¬†: tentunya tantangan tersendiri bagi orang tua untuk ambil bagian terlibat dalam kegiatan sekolah, sehingga ekspresi yang muncul jadi merasa tidak nyaman karena harus melakukan banyak tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan pengorganisasian, perencanaan, dan hal-hal kecil lainnya.
  • Motivasi: adanya motivasi yang salah dari orang tua yang merasa perlu dihargai dan diterima atas pengorbanan waktu dan usaha yang telah dilakukannya.

Oleh sebab itu, perlunya diciptakan kegiatan-kegiatan sederhana yang dapat membantu orang tua. Berikut ini beberapa hal keterlibatan orang tua yang dapat dilakukan, diantaranya:

  • Membaca & memberikan informasi melalui buku penghubung dari sekolah;
  • Terlibat dalam forum orang tua & aktif dalam diskusi group jika ada hal yang terkait dengan sekolah;
  • Mendukung anak dalam kegiatan ekstrakulernya;
  • Membantu anak dalam menyelesaikan proyek sekolahnya;
  • Berkomunikasi dengan guru kelasnya

Disampaikan pula oleh Ibu Puti, bahwa penting sekali menjaga hubungan antara orang tua dan sekolah, salah satu caranya adalah dengan mengenali orang tua lebih dalam dengan mengetahui beragam karakter yang ada pada orang tua. Pelatihan kali ini diakhiri dengan menganalisis isu-isu yang biasanya terjadi antara hubungan sekolah dengan pihak orang tua.

Tak terasa 6 jam pelatihan berakhir, sementara antusiasme peserta pelatihan dalam diskusi mulai dari awal hingga akhir sangat baik. Hal ini tercermin dari beberapa komentar peserta pelatihan berikut ini:

Alhamdulillah terimakasih @bantugurubelajarlagi dan @kampusgurucikal , kegiatan ini bener2 sangat bermanfaat, saya sangat bersyukur sekali ada kegiatan ini, jadi bisa terus mengupgrade ilmu, karena belajar dan terus belajar. – Ririn

Banyak pengetahuan yang didapat, diskusi & pembahasan yang menarik, tidak monoton – Nurul Fadhila.

Saya jadi paham dan mengerti betapa pentingnya keterlibatan orang tua dan guru dalam pendidikan anak, serta pengaruh dari kedekatan guru & orang tua
Oleh sebab itu, pelibatan orang tua di sekolah merupakan faktor penting yang prosesnya bersifat dinamis dan berlangsung sepanjang waktu. Jika pelibatan ini sudah berjalan dengan baik, niscaya dapat membantu meningkatkan lingkungan belajar yang kondusif dan membangun relasi yang positif setara dengan guru. – Win

 

Narasumber : Tim Rumah Main Cikal Bintaro
Hari, Tanggal : Sabtu, 21 Juli 2018
Tempat : SMK Kesehatan Driewanti Husada Mandiri, Bekasi

About the Author

Leave a Reply

%d bloggers like this: