Diskusi Merdeka Belajar di Mojokerto

KGB Mojokerto mengadakan Nonton Bareng dan diskusi tentang Guru Merdeka Belajar (GMB). Bertempat di ruang serba guna SMK PGRI Sooko Kabupaten Mojokerto. Dan bertepatan dengan hari Jumat tanggal 7 Agustus 2020. Pelatihan tersebut diikuti 20 peserta dengan latar belakang Pengurus KGB dan guru, mulai jenjang PAUD, SD, SMP/MTs, maupun SMA/SMK. Antusias peserta untuk mengikuti Nobar sangat tinggi, terbukti dengan dimulai acara pukul 13.00 WIB yang merupakan waktu istirahat dari aktifitas mengajar, tanpa lelah para peserta hadir dengan semangat untuk mengetahui lebih jauh apa makna merdeka belajar itu. 

Nobar Guru Merdeka Belajar Mojokerto ini dikoordinatori oleh Bu Nur Lutfiyatul Khaqimah, S.Pd.I, yang di buka oleh Miss Eko Rini Rahayu sebagai Moderator. Selama kegiatan senantiasa di dampingi oleh bu Umi Hasanah, S.Pd, MPd sebagai Ketua KGB Mojokerto yang memberikan wawasan tentang gerak dan Langkah KGB Mojokerto sebagai opening. 

Diskusi Merdeka Belajar

Selanjutnya kegiatan inti yaitu acara Nobar dipandu Ibu Nur Lutfiyatul K, SPdI yang kemudian berkolaborasi dengan Miss Eko Rini Rahayu sebagai Moderator yang atraktif menghidupkan suasana Nobar dengan diskusi interaktif setelah Nobar Ibu Najelaa Shihab. 

Baca Juga: Merdeka Belajar Bukan Jargon

Diskusi yang membahas tentang miskonsepsi Guru Merdeka Belajar. Miskonsepsi yang sering terjadi dilingkungan sekitar yaitu : Guru belajar menunggu instruksi sekolah/dinas atau mendapat intensif. Miskonsepsi yang kedua guru hanya mau belajar dari pakar dan ahli. Guru hanya belajar “how to” bagaimana cara mengajar. Guru berharap belajar bisa instan. Miskonsepsi yang kelima guru bisa belajar sendirian. Miskonsepsi ditelaah dengan tujuan dapat memahami lebih dalam apa makna Merdeka Belajar. Harapannya menjadi Guru Masa Depan yang mandiri mengembangkan kompetensi, aktif berkolaborasi, mengembangkan jalur karirnya,terus mengembangkan kompetensi. Memiliki kesesuaian potensi dan aspirasinya, tak ketinggalan tentunya Merdeka Belajar. 

diskusi merdeka belajar

Pada pukul 15.00 Wib yang menjadi akhir sesi Nobar Guru Merdeka Belajar. Peserta diminta untuk mengisi refleksi sudah sampai tahap apakah mereka berada. Dalam jenjang atau tahapan sebagai guru merdeka belajar jika diidentifikasi dari empat kunci pengembangan guru atau bisa disebut 4K; yaitu : Kemerdekaan, Kompetensi, Kolaborasi dan Karier. Hal ini berguna untuk menjadi landasan dan tolak ukur apa yang harus dilakukan kedepan. Dan apa kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjadi guru yang merdeka belajar. Para peserta berharap selalu diadakannya pelatihan yang berkelanjutan. Sehingga ada wadah yang membuat mereka semangat untuk selalu belajar secara bermakna. Dan membuat mereka berkarya dan mengembangkan karier mereka untuk kedepannya.

About the Author

Leave a Reply

%d bloggers like this: