IniBudi, Ini Jaktim, Ini Bekasi, Ini Kami yang Berdaya

Penulis : AIUEO | 20 Sep, 2018 | Kategori: Pelatihan guru, Program Pengembangan Guru

Halo. Selamat Sore Penggerak KGB Jakarta Timur dan Bekasi! Kita Mudik yuk barengan sama INIBUDI bikin video pembelajaran. Gimana? Siap? Pelaksanaan Pembuatan Video Pembelajaran INIBUDI dilaksakan di 25 Agustus 2018. Mau tahu berapa lama persiapannya? 2 bulan! Koordinasi dilaksanakan selama dua bulan Bersama Bu Mitha, Pak Rachmad, Pak Bayu, Bu Ana dan Bu Ida.

WhatsApp Image 2018-08-26 at 07.07.53

Persiapan awal, menentukan tempat. Ada dramanya? Ada! Rupanya tempat kegiatan mendadak berganti dua minggu sebelum pelaksanaan. Terima kasih ya MAN 14 Jakarta Timur untuk kesediaannya! Persiapan lainnya adalah menentukan konsumsi, mau makan apa? Sungguh, menentukan makanan butuh waktu lama sampai akhirnya memutuskan untuk memesan pie, arem-arem, pistel, ayam bakar dan diakhiri dengan donat. Tak lupa dibawakan cucur oleh Pak Yasin dan juga teh dan kopi hangat oleh MAN 14. Terima kasih loh Pak Bu!

Lanjut ke persiapan berikutnya, konfirmasi peserta dimulai dari H-7 sampai H-1. Begitulah, banyak yang berguguran tapi tak menggugurkan minat guru lain untuk ikut belajar. Kita melakukan diskusi via WAGroup tentang persiapan pembuatan video pembelajaran dengan Pak Rizqy Rahmat. Mau tahu apa yang dipertanyakan banyak guru, “Besok bawa apa saja ya? Kenapa materinya Bahasa Indonesia untuk SD?” Besok bawa handphone ya Pak Bu dan juga semangat untuk belajar barengan! Tenang, sampai pagi acara dimulai pun masih pada bertanya bawa apa saja. Kenapa Bahasa Indonesia? Menurut riset dan riset, materi pembelajaran Bahasa Indonesia masih sangat minim, jadi ini salah satu bentuk untuk menyebarkan kepada guru-guru lain yang membutuhkan inspirasi dan metode pembelajaran yang seru.

WhatsApp Image 2018-08-25 at 09.36.23

Peregangan agar senang belajar hari ini sekaligus perkenalan, ternyata banyak sekali Bapak Ibu Guru yang hadir tidak hanya dari Bekasi atau Jakarta Timur dan ada yang dari Jakarta Selatan juga loh! Selanjutnya acara dipandu langsung oleh Bu Upi dan Tim INIBUDI untuk menyampaikan proses pembuatan video pembelajaran, mulai dari pencarian ide, format skenario, sampai teknis dalam pengambilan gambar.

Lalu bagaimana prosesnya? Beberapa yang mengambil peran sebagai Talent deg-degan, beberapa lainnya gemeteran memegang kamera, beberapa lainnya ikut merasakan deg-degan kapan gilirannya tiba dan lain sebagainya.

WhatsApp Image 2018-08-25 at 11.07.41

Proses pengambilan video selesai di jam 14.30 WIB. Ada yang mengambilnya di dalam aula, di lapangan, di ruangan kelas dan juga di masjid. Keren kan! Lebih keren lagi saat penjelasan tentang proses editing, dimana peserta diminta mendownload aplikasi. Pertanyaan demi pertanyaan keluar dan juga pernyataan di sesi refleksi. Oh, ternyata bisa semudah ini ya, bisa diterapkan juga ke siswa, bias mempermudah proses pembelajaran.

Terima kasih Bapak Ibu Guru sudah mau menggunakan waktu luangnya untuk belajar Bersama. Beberapa meyakini bahwa teknologi itu menyusahkan tetapi kali ini kita membuktikan bahwa ada teknologi yang juga memudahkan.

About the Author

Leave a Reply

%d bloggers like this: