Membahas Makna Merdeka Belajar

Penulis : Luthfia Nurrahmi | 28 May, 2020 | Kategori: Bandung, Liputan Guru Belajar

Apa makna Merdeka Belajar?
Apa yang terbesit dalam benak para guru ketika mendengar kata Merdeka
Belajar?
Apakah bebas tidak melakukan tugas administrasi yang seabrek?
Atau membebaskan materi yang diajarkan di kelas?
Itulah pertanyaan pembuka di acara Nobar Guru Merdeka Belajar. Acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Guru Belajar yang diinisiasi Kampus Guru Cikal. Acara ini dilaksanakan pada Sabtu, 05 Desember 2019 yang lalu di Aula SD Gagas Ceria Kota Bandung.

Kegiatan Nobar Guru Merdeka Belajar menghadirkan 4 penggerak Komunitas Guru Belajar Bandung: Luthfia Nurrahmi dari Cendekia Leadership School, Ela Nurlaela dari Sekolah PAUD, Khaerudin Sodiq dari MI Manba’ul Huda, dan Wina Rosmelawati dari SD IT Uswatun Hasanah Baleendah serta Bu Budiyanti, Pak Zaenuri Arif, Bu Karin dan Pak Iwan. Kegiatan puncak dalam acara Temu Pendidik Daerah Bandung adalah menonton video bersama mengenai makna ‘Apa itu Merdeka Belajar?’ oleh Najelaa Shihab, selaku Pendiri Kampus Guru Cikal dan Inisiator Komunitas Guru Belajar.

Guru KGB Bandung membahas makna Merdeka Belajar

Tiga Dimensi Merdeka Belajar

Video tersebut membuka perspektif baru bahwa kemerdekaan belajar bukanlah sesuatu yang diberikan namun proses yang harus digerakan layaknya proses emansipasi. Beliau memaparkan tiga hal esensial yang harus dimiliki pendidik jika ingin merdeka belajar:

  1. Komitmen
    Tantangan terbesar pendidik masa kini adalah membedakan cara dan tujuan. Adapun Komitmen dan konsisten terhadap tujuan pembelajaran merupakan hal yang sulit dilakukan karena pendidik masih terjebak pada hal-hal administratif dan birokratif yang bukanlah tujuan dari pendidikan itu sendiri. Tujuan dalam pendidikan adalah hal yang akan membawa pendidik ke ruang yang lebih luas untuk berkreasi dan menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran.
  1. Mandiri
    Untuk meraih kemandirian belajar, pendidik harus melewati berbagai proses panjang yang sulit ditempuh, dimulai dari pahamnya manipulasi yang terjadi, kesadaran atas kegiatan yang bersifat manipulatif, interaksi atau dialog yang positif antar rekan pendidik, masukan atau konsultasi untuk menunjang keberlangsungan belajar, kemitraan karena pendidikan tidak bisa dilaksanakan oleh satu pihak saja, pemberdayaan potensi baik guru dan murid, dan proses terakhir adalah kendali. Untuk dapat mandiri kita harus memegang kendali atas keseluruhan proses pembelajaran kita sendiri.
  2. Refleksi
    Refleksi adalah cermin diri atas apa yang kita lakukan dan meninjau kembali proses baik yang telah dilakukan sebagai pendidik.

Ketiga hal esensial ini saling terhubung membentuk karakter guru merdeka belajar, guru merdeka belajar ini diharapkan mampu melahirkan kompetensi yang berdampak pada murid yang diharapkan menumbuhkan potensi individunya, menumbuhkan jiwa kolaborasi dalam ekosistem pendidikan dan mampu membangun peran dan jenjang karir tak hanya sebagai pendidik di kelas, contohnya menjadi penulis aktif yang dapat menginspirasi pendidik lain. Salah satu tugas yang diemban guru merdeka belajar adalah melawan miskonsepsi-miskonsepsi yang ada di dunia pendidikan itu sendiri.

Baca Juga: Merdeka Belajar Bukan Jargon

Setelah menonton penjelasan makna Merdeka Belajar dari video, Bu Juliasih selaku MC membawakan acara dan membagi peserta yang hadir menjadi 4 kelompok dan masing-masing kelompok didampingi oleh penggerak sebagai mentor untuk berdiskusi serta merefleksikan bersama hasil dari pemaparan video.

Pertanyaan refleksi terbagi menjadi 5 : Terdapat miskonsepsi seperti : 1) guru belajar hanya mau dari pakar pendidikan 2) guru hanya ingin belajar jika terdapat motivasi eksternal seperti sertifikat atau uang intensif 3) guru hanya berfokus pada urusan administratif 4) guru mengajar terbatas pada “how to atau bagaimana mengajarkan melakukan sesuatu namun kurang mencakup pada dasar berfikir yang lain seperti membangun rasa ingin tahu “why”. Dari miskonsepsi tersebut adakah salah satunya yang melekat pada diri Anda?

Ciri Guru Merdeka Belajar

Ciri Guru Merdeka Belajar adalah Komitmen pada tujuan, mandiri terhadap cara belajar dan melakukan refleksi.
Apakah setuju dengan pernyataan tersebut? Apa alasannya?
Apakah Anda ingin menjadi Guru Merdeka Belajar? Apa Alasannya?
Sebagai Guru Merdeka Belajar, apa perubahan yang ingin Anda lakukan di kelas?
Sebagai Guru Merdeka Belajar, apa pengembangan diri yang ingin Anda lakukan Bersama Komunitas Guru Belajar?

Terdapat pertanyaan dan pernyataan yang menarik terkait diskusi refleksi yang dilontarkan oleh beberapa peserta yang hadir. Dalam kelompok yang saya pandu, salah satu pendidik memiliki kegelisahan mengenai membangun semangat membaca pada murid di kelasnya terutama murid yang belum bisa membaca.

Beliau mengatakan bahwa program membaca yang ia berikan di kelas memberi kesan kaku dan hanya melanjutkan program yang sudah dijalankan. Ia ingin memberikan perubahan pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak terasa monoton dengan bertanya bagaimana membuat pembelajaran lebih menarik. Dengan mengikuti Komunitas Guru Belajar, Beliau berharap dapat mengembangkan diri dalam hal membangun strategi baik dalam pembelajaran dan mencari inspirasi dalam mengajar yang lebih kreatif dan inovatif.

Adapun pernyataan lain dari pendidik daerah terkait pertanyaan refleksi adalah diperlukan dorongan positif dari sesama pendidik yang ingin melakukan perubahan dalam wajah belajar-mengajar di
sekolahnya. Hal tersebut membuktikan bahwa para pendidik sudah memiliki bekal untuk menjadi ‘Guru Merdeka Belajar’. Mereka memiliki semangat dalam melakukan perubahan di ruang kelas melalui sikap kolaborasi aktif serta mau belajar dari sesama guru. Mereka membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, baik rekan guru, kepala sekolah, beserta jajaran instansi dan pemangku kepentingan. Dari hasil kegiatan Temu Pendidik Daerah ini saya belajar bahwa di Komunitas Guru Belajar ini kita dapat memandang pendidikan dari sisi lain yang lebih positif dan optimis dengan melihat semangat kolektif pendidik yang ingin wajah pendidikan lebih baik.

Anda masih penasaran tentang apa itu merdeka belajar?

About the Author

Leave a Reply

%d bloggers like this: