Membuat Video Pembelajaran dengan Toontastic

Penulis : Bagus Satria P | 27 Aug, 2020 | Kategori: Liputan Guru Belajar, Malang, Temu Pendidik Daerah

Kami belajar membuat video pembelajaran dengan aplikasi toontastic dalam rangkaian pesta kemerdekaan digelar oleh Komunitas Guru Belajar (KGB) Malang. Digelar mulai tanggal 20 Agustus 2020 hingga 31 Agustus 2020 nanti, kegiatan virtual ini mengajak guru-guru untuk menyemarakkan HUT RI ke 75 dengan aneka pembelajaran kelas merdeka belajar.

Kelas merdeka belajar diawali dengan sesi kelas, “Merdeka Belajar Dengan Aplikasi Toontastic”. Melalui kelas ini, guru-guru diajak untuk belajar membuat video animasi pembelajaran dengan aplikasi toontastic. Tak dapat dipungkiri, semakin berkembangnya era digital menuntut kemerdekaan guru belajar untuk terus mencari cara untuk menyesuaikan diri dengan teknologi dalam menjawab kebutuhan belajar siswa.

cara membuat video pembelajaran dengan aplikasi toontastic

Kelas yang dilaksanakan pada, Kamis (20/08/2020) ini dinarasumberi langsung oleh Guru Dany Prima dari KGB Malang. Hadir juga Guru Bagus Satria yang menjadi pemandu jalannya kelas. Adanya ide ini berawal dari kegelisahan Guru Dany dalam merancang media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Beliau mencari beberapa software animasi  untuk membuat konten pengajaran Bahasa Inggris hingga akhirnya Guru Dany berhasil menggunakan aplikasi toontastic dan membuktikan bahwa membuat media ajar animasi tak harus memiliki keahlian khusus pembuatan animasi.

Aplikasi toontastic adalah aplikasi pembuat video berbasis animasi yang dipopulerkan oleh Google. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat membuat video dengan mudah. Mulai dari pemilihan latar/background, karakter animasi, hingga pengisian suara dan efek suara yang ingin dihasilkan.

download rpp merdeka belajar

Guru Dani juga mengatakan kemudahan dari aplikasi Toontastic ini,”Aplikasi ini tersedia untuk platform android dan IOS. Kerennya lagi, aplikasi ini gratis dan bisa dipakai secara offline.” Katanya.

Terkait penggunaannya, aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan oleh siapapun. “Pertama kita masuk aplikasi. Lalu, klik tanda panah. Kita dapat memilih scene yang akan diambil. Short, Classic, atau Science Story. Setelah dipilih, kita dapat memilih latar background yang ingin digunakan. Setelah itu, kita akan memilih berbagai karakter yang dapat kita gunakan. Jika ingin membuat karakter sendiri, pilih create own dan bisa digambar sendiri karakter yang akan digunakan. Untuk menambahkan suara, klik start lalu kita dapat merekam dengan suara kita sendiri. Secara otomatis aplikasi ini akan merekam dengan sendirinya. Jika suara telah terekam, bapak ibu dapat memilih apakah akan menggunakan efek suara apa tidak. Jika ya, maka suara yang sudah direkam volumenya harus lebih besar dari efek suara yang ingin ditambahkan. Terakhir klik extract untuk mengunduh video animasi yang sudah dibuat.” Jelas Guru Dani sembari memberi penayangan video yang disebar melalui WAG kelas Merdeka Belajar ini.

Agar peserta tak bingung, Guru Bagus memberikan penugasan kepada peserta kelas kemerdekaan ini. Peserta diajak untuk langsung praktik membuat video animasi yang berisi perkenalan singkat masing-masing. Dengan durasi video maksimal tiga menit, masing-masing peserta mengumpulkan penugasan langsung melalui WAG.

Bermacam-macam kreasi dibuat oleh para Guru KGB Malang.Guru Herlina membuat video perkenalan dengan latar dongeng, Guru Sakroni membuat video animasi dengan latar background kapal bajak laut, dan masih banyak lagi. Keseruan kelas semakin nampak ketika Guru Dani memberikan evaluasi kepada masing-masing peserta.

membuat video pembelajaran dengan aplikasi toontastic

“Video bu Herlina menarik. Pemberian suaranya pas dengan mimik dari karakter animasi. Menggunakan animasi di aplikasi Toontastic ini sangat mudah. Jika ingin menggerak-gerakkan karakter, cukup dengan menggeser-geserkan saja. Lalu, untuk menggerak-gerakkan bibir saat merekam suara karakter cukup dengan klik dan tahan karakter yang dituju.”Ujar Guru Dani.

Di akhir sesi, Guru Bagus memberikan link dari program #BantuKuatkanGuru. Melalui program yang digagas oleh KGB Nasional ini, KGB Malang turut mengajak setiap orang yang ikhlas untuk memberi donasi yang akan nantinya akan didistribusikan oleh KGB Nasional kepada guru-guru dan sekolah yang terdampak pandemi Covid-19. Tak dapat dipungkiri, keberadaan guru honorer maupun sekolah banyak yang terdampak finansial akibat adanya pandemi Covid-19 memerlukan dukungan dari segenap pihak.

About the Author

Leave a Reply

%d bloggers like this: