Mendaftar Temu Pendidik Nusantara, Ini Alasan Penting yang Perlu Guru Ketahui

Merasa ekosistem pendidikan di Indonesia masih terjadi miskonsepsi atau salah kaprah? Ingin melakukan perubahan tapi bingung mulai dari mana dan dengan siapa? Rasa-rasanya tidak mungkin melakukan perubahan seorang diri. Adakah wadah untuk bergerak bersama melakukan perubahan pendidikan yang lebih baik? Ada lah tentunya, bernama Temu Pendidik Nusantara (TPN). Temu Pendidik Nusantara merupakan ajang pertemuan tahunan yang mempertemukan seluruh pemangku kepentingan ekoistem pendidikan di Indonesia untuk mengekspresikan kemerdekaan belajar, mengembangkan kompetensi, menginisiasi kolaborasi dan membangun karier. Pemangku kepentingan ekosistem pendidikan itu siapa saja? Ada Guru, Pengawas, dan Pemimpin Sekolah. Meskipun begitu, semua orang bisa kok belajar bersama di Temu Pendidik Nusantara. Tapi khusus yang berprofesi sebagai guru perlu tahu alasan penting mendaftar Temu Pendidik Nusantara.

dokumentasi peserta yang ikuti temu pendidik nusantara tahun lalu

1.      Diberi Kebebasan Memilih

Di Temu Pendidik Nusantara, guru bebas memilih ingin berpartisipasi menjadi apa. Apakah menjadi pembicara, peserta, atau relawan panitia. Guru yang sudah memiliki pengalaman mengajar bisa menjadi pembicara. Apalagi di TPN VIII ini akan ada #1000Pembicara untuk menyampaikan praktik baik guna melakukan perubahan pendidikan di konteks kelas, sekolah, hingga daerah. Sebagai peserta pun, guru bebas memilih topik yang ingin dipelajarinya. Guru bisa memilih topik yang sesuai kebutuhan, dan permasalahan di lapangan, dapat membantu menyelesaikan persoalan di kelas maupun sekolah. Nah, pada TPN VIII ini akan ada 7 sub topik yang akan menjadi pembahasan; (1) Pameran karya sebagai perayaan merdeka belajar; (2) Asesmen untuk personalisasi belajar; (3) Asesmen sebagai upaya merawat kemerdekaan belajar; (4) Asesmen terhadap capaian belajar murid; (5) Asesmen untuk pengembangan sekolah/madrasah merdeka belajar; (6) Asesmen lingkungan belajar, asesmen pelibatan warga sekolah; (7) Manajemen kelas campuran.

2.      Dapat Mengembangkan Karier

Menjadi kepala sekolah bukanlah satu-satunya pilihan karier guru, di TPN guru belajar mengembangan karier dengan banyak cabang. Maksudnya guru dapat mengembangkan kariernya di berbagai bidang spesialisasi. Sebagai contoh guru bisa menjadi pelatih, penulis, dan masih banyak lagi. Karena memang, TPN ini dirancang sebagai kegiatan pengembangan karier guru. Belajar di TPN akan memberi pengalaman dan tantangan karier yang beragam. Di Temu Pendidik Nusantara ada namanya kelas karier, di sini peserta diharapkan untuk mempelajari perjuangan dalam merintis karier dari setiap pembicara untuk selanjutnya dapat mereka implementasikan sendiri guna merintis atau mengembangkan kariernya.

3.      Lebih Berdaya dan Produktif

Di Temu Pendidik Nusantara ada kelas kemerdekaan. Di sini peserta belajar untuk berani mencoba menerapkan suatu strategi pengajaran. Strategi ini tentunya akan berdampak pada murid. Di kelas karier peserta dapat menyaksikan serta mendapatkan karya dan layanan guru. Peserta memang diajak berdaya dan lebih produktif. Peserta dituntun untuk melangkah dari awal sampai tingkat lanjut hingga mampu menghasilkan karya. Karena seyogyanya menjadi berdaya bukan hanya belajar lalu paham tapi juga menghasilkan. Menghasilkan karya yang bermanfaat untuk sesama guru maupun masyarakat luas, dengan atau tanpa peralatan canggih.

4.      Bergerak Melakukan Perubahan

Seperti keresahan yang sudah disebutkan di awal, mustahil melakukan perubahan seorang diri. Dibutuhkan tempat untuk saling berkolaborasi melakukan gerakan perubahan pendidikan yang lebih baik. Di Temu Pendidik Nusantara VIII ini meskipun berada di tengah pandemi semangat kolaborasi tidak pernah surut, bahkan cakupannya semakin luas dan berdampak. Tidak hanya kolaborasi antar organisasi guru bahkan kolaborasi antar organisasi guru dengan jaringan sekolah, jaringan madrasah, komunitas pengawas, komunitas orangtua, komunitas pendidikan, penyedia sumber alat belajar, pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Kontenyang disajikan di Temu Pendidik Nusantara adalah konten yang membantu guru memandu murid menjadi pelajar merdeka.

5.      #BelajarDiTPNVIII Bersama #1000Pembicara

Ada yang istimewa lho di Temu Pendidik Nusantara VIII ini karena kita akan belajar bersama #1000Pembicara. Apa yang menarik? Tentunya kita kan mendapatkan pembelajaran yang; (a) Lebih praktis, berupa praktik baik yang telah terbukti sesuai konteks kelas; (b) Lebih beragam, berasal dari lintas jenjang, jenis (swasta dan negeri) dan lintas daerah; (c) lebih berdampak, sehingga bermanfaat pada murid untuk perubahan pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Nah, sudah tidak bingung lagi kan mencari wadah untuk bergerak melakukan perubahan pendidikan. Dan pastinya sudah semakin yakin  untuk bergerak melakukan perubahan pendidikan yang lebih baik. Artinya semakin berminat untuk mengikuti Temu Pendidik Nusantara. Yuk mulai bergerak dengan mendaftar Temu Pendidik Nusantara (TPN) VIII yang bertemakan “Merayakan Asesmen, Mendesain Ekosistem Merdeka Belajar” pada tanggal 20-21 November 2021 dengan klik tpn.gurubelajar.org. atau tonton video tutorial “Cara Mendaftar Temu Pendidik Nusantara VIII” berikut.

Sumber:

Inilah 5 Keistimewaan Temu Pendidik Nusantara

Ada apa di Temu Pendidik Nusantara VIII?

Mengapa Guru, Pengawas dan Pemimpin Sekolah Harus ikut Temu Pendidik Nusantara?

About the Author

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: