Pesisir Selatan Mendukung Merdeka Belajar

Penulis : Rahmiyanti | 5 Jun, 2020 | Kategori: Liputan Guru Belajar, Pesisir Selatan
Pesisir Selatan Mendukung Merdeka Belajar

Mendukung Merdeka Belajar, 4 Kebijakan Menteri Pendidikan, Kepala Disdik Kab. Pesisir Selatan Bapak Suhendri, M.Si Tawarkan KGB Kabupaten Pesisir Selatan Berkolaborasi. Hal tersebut disampaikan di Acara Nobar Guru Merdeka Belajar di Aula Disdik Kab. Pesisir Selatan. Kamis tanggal 14 Desember 2019.

Dalam sambutannya beliau mengatakan apresiasi yang sangat mendalam kepada guru-guru Ikhlas. Guru yang sudah bergerak tanpa dipaksa dan diminta dalam mendukung dan menyuarakan merdeka belajar. Beliau juga mengatakan bahwa perlu mendukung dan menindaklanjuti kegiatan ini.

Mendukung dan Merealisasikan Merdeka Belajar

Menurut beliau untuk menyikapi dan merealisasikan 4 kebijakan Menteri Mas Nadiem Makarim beliau berkeinginan mengajak KGB untuk berkolaborasi dalam menyukseskan kebijakan tersebut. Beliau berencana akan memberdayakan guru-guru yang tergabung di KGB menjadi narasumber untuk mendukung sosialisasi merdeka belajar. Harapan agar semua guru di Kab. Pesisir Selatan mengenal substansi merdeka belajar. Tapi wacana tersebut baru bisa terealisasi jika KGB mau bekerja sama dengan Dinas Pendidikan ucap beliau.

Untuk merealisasikan kegiatan tersebut beliau menyampaikan minggu pertama Januari akan mengundang PK3S SD se Kab. Pesisir Selatan dan PMKKS seluruh Kab. Pesisir Selatan yang rencananya akan dilakukan di Gedung KPN RI Kec. Lengayang. Supaya kegiatan ini nantinya selaras dengan seluruh kepala-kepala sekolah dan dinas terkait.

Program tersebut rencananya akan digulirkan pada bulan Januari sampai Maret. Harapan beliau bulan April Pemerintah Daerah akan menyambut kegiatan ini. Sehingga bulan April Pemda bisa mendeklarasikan secara resmi dukungannya terhadap Komunitas Guru Belajar. Disela-sela sambutannya beliau katakan untung ada KGB kalau tidak pasti saya akan bingung mau berbuat apa.

Di akhir sambutan beliau sempat menyampaikan keheranan beliau terhadap Kebijakan Mas Menteri yang digulirkan baru-baru ini seolah-olah selaras dengan apa yang sudah disuarakan KGB selama ini. Sambil berseloroh beliau mengatakan, apakah ini hanya kebetulan atau sudah dirancang dan diadakan pertemuan sebelumnya, kemudian disambut tawa riuh peserta.

Nonton bareng ini dipandu oleh Ibu Rahmiyanti. Dalam kesempatan itu beliau memberikan pertanyaan “Apa itu merdeka belajar?” Jawaban guru-guru ditulis diatas kertas sticky note kemudian dikumpulkan dan ditempelkan di selembar kertas. Banyak sekali jawaban beragam yang diberikan guru-guru” dalam kesempatan ini Pak Kadisdik juga sempat memberikan jawaban tentang mereka belajar yang beliau ketahui, yang mana merdeka belajar menurut beliau adalah memberikan keleluasaan kepada guru dan siswa untuk menciptakan suasana belajar yang mereka inginkan.

Baca Juga: Merdeka Belajar Bukan Jargon

Kegiatan selanjutnya pemutaran video guru mereka belajar yang disampaikan oleh Ibu Najelaa Shihab, selesai pemutaran video kembali peserta dimintai tanggapannya tentang salah kaprah guru belajar. Ada lima salah kaprah merdeka belajar, pertama guru hanya mau belajar jika diperintah atau diberi surat tugas, yang kedua guru hanya belajar dari ahli, ketiga guru cukup perlu tahu bagaimana, keempat guru bisa belajar secara instan, guru bisa belajar sendirian. Kemudian pemandu nobar mengajukan pertanyaan kepada teman-teman guru, kira-kira mana yang paling menggambarkan diri Bapak dan Ibu. Semua tertawa ada yang menjawab sepertinya yang nomor satu dan dua mau belajar ketika diperintah oleh atasan, dan nomor dua belajar hanya dari ahli.

Dari situ pemandu kembali bertanya apakah bapak/ibu kesini karena diiming-imingi uang transportasi? Apakah Bapak dan Ibu tadi datang kesini karena diperintah? Kalau jawabannya tidak itu tandanya Ibu/Bapak telah mematahkan miskonsepsi guru merdeka belajar, yang mana guru merdeka belajar menganggap bahwa belajar adalah kebutuhan, guru butuh belajar karena pengetahuan tidak menunggu dan terus berubah, guru baru layak mengajar jika sudah belajar.

Kegiatan selanjutnya materi tentang Board Games dalam pembelajaran yang disampaikan oleh Bu Elvadeni, bagaimana menyajikan pembelajaran yang menyenangkan, banyak pertanyaan yang disampaikan oleh peserta mulai dari apa gunanya game ini, bagaimana cara membuatnya dan bagaimana cara mengoperasikannya dan Ibu Elvadeni menyampaikan board game ini bisa di duplikasi untuk materi lain.

Curahan Hati Seorang Guru

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan curhat yang disampaikan oleh guru-guru. Disini guru-guru diberi waktu untuk menanyakan tentang apa saja yang belum mereka ketahui, ada yang menanyakan kapan berdirinya komunitas ini, siapa pendirinya, apakah Komunitas ini sudah ada AD/ART nya? Apakah komunitas ini resmi dan lain sebagainya.

Ibu Dewi Kepala TK Pembina IV Jurai mengungkapkan kesedihannya bahwa selama ini banyak yang mengatakan “kenapa kalau di TK anak-anak disuruh main-main saja, bahkan ada yang mengatakan apakah guru TK itu kerjanya hanya main-main saja, padahal kata beliau justru masa pertumbuhan anak di TK itu memang masanya anak-anak bermain, dan permainan yang kami berikan mengasah kecerdasan kognitif, psikomotor dan sosial. Beliau juga berharap semoga cara seperti ini tidak terputus hanya sampai di TK tapi berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi.

Di sesi penutup diminta guru-guru berefleksi: Apa yang sudah dilakukan selama ini? Apa yang sudah didapatkan dalam pembelajaran hari ini? Diawali oleh Ibu yeni Fitri dari Pancung Soal, beliau mengatakan bahwa mengenal komunitas ini di Facebook. “Ternyata sudah ada komunitas ini di Pesisir Selatan.” Kemudian setelah dua bulan yang lalu beliau mulai bergabung di grup komunitas guru belajar Pesisir Selatan.

Selama bergabung di komunitas ini banyak sekali manfaat yang beliau rasakan, begitu banyak Teknik-teknik mengajar yang didapatkan di diskusi-diskusi daring yang beliau ikuti di grup, metode yang selama ini beliau pakai seperti metode ceramah mulai ditinggalkan.

Terakhir Ibu Warna Solmenon pengawas IV Jurai menyatakan kekagumannya kepada KGB, beliau mengatakan bahwa KGB sangat luar biasa yang pertama KGB bisa menjalin silaturahmi guru-guru, banyak penemuan-penemuan baru yang bisa mengembangkan potensi peserta didik, serta banyak metode-metode baru tentang pengajaran yang dikembangkan oleh KGB. Terakhir beliau sampaikan mudah-mudahan semua guru-guru di Kabupaten Pesisir Selatan menjadi guru-guru yang merdeka belajar.

Anda masih penasaran tentang apa itu merdeka belajar?

Yuk pelajari Surat Kabar Guru Belajar Edisi 6
Unduh Gratis
Klik:
Merayakan Merdeka Belajar PDF

surat kabar edisi definisi merdeka belajar
About the Author

Leave a Reply

%d bloggers like this: