Menerapkan Merdeka Belajar Yuk!

Penulis : Ermawaty | 28 May, 2020 | Kategori: Binjai, Liputan Guru Belajar

Siang hari itu cerah sekali. Matahari bersinar terang. Para penggerak Komunitas Guru Belajar (KGB) Binjai dengan semangat sudah mempersiapkan bahan dan alat di ruangan yang disediakan pihak café Seven Stars Binjai. Berbagai sumber belajar KGB diletakkan di dekat tempat duduk peserta, diantaranya Buku Memanusiakan Hubungan berisi kumpulan kisah guru yang mempraktikkan memanusikan hubungan, buku Merdeka Belajar di Ruang Kelas yang membahas konsep merdeka belajar dan cerita para guru yang sudah menerapkan merdeka belajar, Buku Literasi Menggerakkan Negeri, Buku Differensiasi, dan beberapa cetakan Surat Kabar Guru Belajar (SKGB).

Semangat Guru Penggerak KGB Binjai

Hari ini, Jumat, tanggal 27 Desember 2019, KGB Binjai melaksanakan TPD yang ke-12 dengan judul ‘Nobar dan Meet up KGB Binjai’. Acara seharusnya dimulai jam 13.30, sesuai dengan waktu yang tertulis di brosur. Namun saat ini, waktu telah menunjukkan jam 14.00, tetapi masih belum ada peserta yang hadir. Para guru penggerak sempat gelisah, namun tidak berputus asa. Para guru penggerak pun mulai menghubungi peserta yang telah mengkonfirmasi untuk hadir. Banyak yang mengatakan akan datang terlambat. Para penggerak akhirnya menunggu lagi. Saat jam menunjukkan pukul 14.30, satu per satu peserta mulai muncul. Tidak disangka, akhirnya ada 6 peserta yang hadir. Menjelang jam 15.00 sore, TPD pun dimulai.

Bagaimana Menerapkan Merdeka Belajar?

Kegiatan dibuka oleh Pak Surya. Pak Surya mengajak peserta untuk melakukan yel-yel Merdeka Belajar. Setelah itu, satu per satu peserta diminta untuk memperkenalkan diri. Tidak disangka beberapa peserta yang hadir adalah guru-guru berprestasi yang telah memenangkan beberapa penghargaan. Setelah perkenalan diri selesai, Pak Surya mengajak semua untuk menonton bersama video Merdeka Belajar. Para peserta terlihat mengangguk-angguk saat Bu Najelaa memaparkan tentang Merdeka Belajar di dalam video yang ditayangkan.

Setelah video selesai, belum diadakan diskusi, karena waktu yang tidak memungkinkan. Café hanya menyediakan tempat hingga jam 18.00. Karena setelah jam 18.00, ada yang menyewa ruangan yang dipakai saat ini. Pak Surya menjelaskan kepada peserta bahwa kita akan mengadakan diskusi dan tanya jawab setelah materi Merdeka Belajar disampaikan oleh Bu Ega. Bu Ega menyampaikan dengan antusias materi Merdeka Belajar yang telah disampaikan oleh Pak Bukik, ketua Kampus Guru Cikal, dan Pak Usman, Ketua KGBN, di grup Telegram pada Temu Pendidik Spesial tanggal 15 Desember 2019.

Baca Juga: Merdeka Belajar Bukan Jargon

Setelah pemaparan materi selesai, tidak disangka peserta sangat bersemangat memberikan respon. Para penggerak menjadi terpacu untuk menjelaskan lebih banyak hal kepada peserta. Waktu seakan tidak cukup. Pak Firman merespon sangat positif terhadap apa yang disampaikan di video Merdeka Belajar. Pak Firman berharap semua yang disampaikan dalam video dapat tercapai. Penyederhanaan administrasi sangat penting. Menurutnya, kesejahteraan guru dapat mempengaruhi tercapainya standar dalam pendidikan. UN memang sebaiknya diganti. Perlu adanya penilaian karakter, penekanan di literasi dan numerasi, serta assessment yang benar. Terakhir, Pak Firman membuat kita geli. Karena saking semangatnya merespon, Pak Firman lupa akan pertanyaan yang hendak disampaikan.

Bagaimana Menerapkan Merdeka Belajar?

Bu Lia mempertanyakan lebih lanjut tentang Tujuan, Cara, dan Refleksi dalam menerapkan Merdeka Belajar. Mengingat kurikulum yang harus dikejar, kondisi kelas yang beragam, dan motivasi belajar sebagian murid yang rendah. Setelah dijelaskan para penggerak, ternyata Bu Lia mengatakan bahwa selama ini dia sudah melakukan berbagai variasi strategi dalam mengajar. Namun belum sampai tahap melibatkan
murid. Hal ini menjadi sesuatu yang baru dan menantang baginya.

Bu Lia juga merespon tentang dana yang dibutuhkan untuk sarana dan prasarana menerapkan Merdeka Belajar. Untuk hal ini, disarankan
untuk kembali melihat apa tujuan pembelajaran. Apakah peralatan yang mahal diperlukan. Belajar seharusnya tidak mahal. Semua bahan belajar tersedia di sekeliling kita. Kisah Pak Nuno Riza yang mengajar komputer tanpa sarana komputer di sekolah pun disampaikan agar para guru jangan mau terhalang oleh sarana pra sarana saat mengajar.

Kesadaran untuk Menerapkan Merdeka Belajar

Bu Susi mempertanyakan bagaimana membuat guru sadar untuk menerapkan Merdeka Belajar. Para penggerak KGB Binjai menceritakan pengalaman selama menjalankan KGB. Memang tidak mudah, namun harus terus diupayakan. Dengan terus berbagi praktik baik dalam pengajaran. Bu Susi juga mempertanyakan tentang berbagai komunitas guru, MGMP, dan beberapa aturan dalam pemerintah yang menyulitkan gerakan guru. Para penggerak menceritakan bagaimana KGB hadir karena keresahan para guru. Perjuangan belum selesai. Para penggerak mengajak peserta untuk terus bergerak bersama. Bu Lusi memberikan dukungan kepada KGB. Saran yang diberikan adalah agar KGB memberikan program konkret yang memenuhi kebutuhan anggota.

Guru Penggerak KGB Binjai Mengajak Para Guru Menerapkan Merdeka Belajar

Bagi penggerak, TPD kali ini cukup spesial karena respon yang penuh semangat dari peserta. Waktu sudah tidak memungkinkan lagi, namun masih banyak yang ingin dibahas. Peserta diajak untuk mengikuti TPD yang akan datang. Juga diajak untuk menulis di SKGB, membagikan praktik baik
pengajaran yang pernah dilakukan.

Belajar Melalui Temu Pendidik Daerah

Guru Penggerak KGB Binjai menawarkan untuk melaksanakan kelas kemerdekaan di Temu Pendidik Daerah (TPD) mendatang, disambut dengan penuh antusiasme oleh peserta. Penggerak KGB Binjai sungguh mengucap syukur melihat antusiasme para peserta kali ini. Kelelahan pasti karena mempersiapkan kegiatan ini di tengah tengah padatnya kegiatan akhir tahun. Tapi semua terbayarkan saat melihat wajah-wajah para peserta yang penuh semangat setelah TPD selesai. Terima kasih Bapak Ibu guru. Semangat kalian terasa mengalir juga kepada kami. Ayo, mari kita terus bergerak untuk anak didik kita semua. Salam Merdeka Belajar!

Sampai jumpa di TPD KGB Binjai yang selanjutnya!

Anda masih penasaran tentang penerapan merdeka belajar?

Yuk ikuti pelatihan daring
Klik:

About the Author

Leave a Reply

%d bloggers like this: