Nobar Guru Belajar Lamongan

Nonton bareng atau umumnya dikenal dengan istilah nobar, apakah nonton bareng itu? Nobar sejenis kegiatan menyaksikan suatu pertunjukan yang bisa jadi menarik ataupun tidak menarik, bergantung dari bagaimana kita menikmatinya. Nobar ala kami di Komunitas Guru Belajar Lamongan adalah menyaksikan video tentang Merdeka Belajar oleh Ibu Najelaa Shihab.

Nobar yang kami selenggarakan tidak seperti biasanya, karena di tengah pandemi Covid-19 maka kegiatan tersebut kami laksanakan secara virtual.  Meskipun demikian saya tetap siap mengadakan nobar dan siap menjadi penggerak komunitas guru belajar. Nobar yang kami selenggarakan di MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamongan baru yang pertama kalinya, tapi kami cukup senang karena antusias teman-teman guru sangat luar bisa. Sehingga pesertanya mecapai kurang lebih limapuluh orang. 

Nobar Guru Belajar Lamongan

Saya, Azmil Futihatur Rizqiyyah, dari MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamongan. Pada hari Kamis, tepatnya tanggal 29 Juli 2021, jam 10.00, saya mengadakan nobar guru merdeka belajar bersama teman-teman penggerak KGB Lamongan. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi KGB dan dilanjutkan nobar.

Kami mengadakan nobar, bertujuan untuk mensosialisasikan Komunitas Guru Belajar, agar kita sebagai pendidik maupun praktisi pendidikan mempunyai semangat yang lebih untuk terus belajar. Belajar bagaimana memahami pendidikan yang terus menerus berubah seiring perkembangan zaman dan perkembangan teknologi.

Sebagai guru pada khususnya, kegiatan guru belajar di Lamongan masih jarang sekali peminatnya, kalaupun ada tentu kami berasal dari berbagai daerah yang menyebar di kabupaten Lamongan.

Acara dipandu oleh saudari Sri Ida Mulyani yang menghantarkan acara menjadi lebih semarak. Acara diawali dengan sosialisasi dan sharing pengenalan KGB oleh Bu Anis Choirun Niswah selaku ketua KGB Lamongan. “Terimaksih atas partisipasi dari guru-guru di MI Sunan Drajat yang antusias dalam mengikuti kegiatan ini, semoga bisa bergerak dan menjadikan kualitas pembelajaran lebih baik”, ungkap beliau. 

Bu Ida sapaan dari penggerak yang satu ini mengatakan bahwa nobar adalah suatu kegiatan nonton bareng sebagai syarat menjadi penggerak guru belajar. Tidak sulit sebenarnya menjadi penggerak, yang penting mau belajar dan bersama-sama belajar. 

Baca Juga: Jurus Jitu Lulus Asesmen Nasional

Acara kedua yaitu sosialisasi praktik baik oleh Pak Alif Zulfikar dari KGB Lamongan. Beliau menceritakan bagaimana nyamannya belajar di grup guru belajar. Bagaimana mengikuti diklat gratis yang hampir setiap hari dan bagaimana mengikuti diklat online jarak jauh. Meskipun jarak jauh, ilmu yang didapatkan tetap dengan kualitas terbaik, hal ini dikarenakan para tentor yang ilmunya tak pelit untuk dibagi-bagi dengan tujuan semuanya mendapatkan manfaat terbaik.

“Setelah mengikuti nobar ini mengatakan bahwa garis besar dari komunitas ini adalah menyadarkan guru akan tugas utamanya, kemudian adanya momen-momen seperti KGB ini sangat baik untuk guru-guru karena bisa sharing dan hearing, berdiskusi, berbagi cerita, berbagi solusi, menambah tali silaturrahim demi terlaksananya pendidikan yang lebih baik”. Demikian menurut Pak Alif.

Ust. Ubaidillah (guru MI Sunan Drajat) secara virtual pun mengutarakan kesenangannya mengikuti kegiatan nobar ini. “Dengan mengikuti kegiatan nobar guru belajar, saya bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang dunia kependidikan berdasarkan kebutuhan siswa, metode dan cara mengajar yang baik bagi siswa, serta teknik belajar yang benar. 

pembelajaran jarak jauh

Sebaik apapun persiapan yang kami lakukan tetap saja kendala teknis terjadi yaitu koneksi sinyal yang tidak begitu baik, sehingga kegiatan kami kurang bisa berjalan maksimal. Meskipun demikian keinginan untuk melakukan kegiatan nobar kembali selalui ada, semoga pandemi segera berakhir dan bisa melaksanakan kegiatan secara tatap muka agar lebih maksimal. Karena kita sebagai guru harus memaksa diri untuk belajar agar dapat memenuhi kebutuhan murid belajar. (Azmil F. Rizqiyyah, KGB Lamongan)

About the Author

Leave a Reply

%d bloggers like this: