Nonton Bareng Guru Merdeka Belajar – Belajar Merupakan Kebutuhan Alamiah

Pada hari Kamis, 27 Juni 2019 Komunitas Guru Belajar Pekanbaru mengadakan acara Temu Pendidik yang bertempat di The Gade Café Pekanbaru. Sesi terakhir dari rangkaian acara Komunitas Guru Belajar yang bekerjasama dengan guru-guru di Riau adalah nonton bareng. Nonton bareng cuplikan video Najelaa Shihab yang menjelaskan terkait “Merdeka Belajar”. Acara ini dipandu oleh Dr. Zahriyah Simargolang, MA selaku penggerak KGB nonton bareng. Selain itu acara ini juga di hadiri oleh Bapak Wakil Walikota Pekanbaru yang mendukung acara untuk memberikan kata sambutan. Dalam acara ini juga ada narasumber Yoga Mahardika selaku trainer Leadership. Selanjutnya dapat diamati antusias peserta yang datang dalam kegiatan bukan hanya dari daerah namun juga luar daerah. Selain itu dari berbagai kalangan masyarakat, murid, mahasiwa guru PAUD, guru SD, guru SMP, guru SMA maupun dosen. Sebagian guru dan mahasiswa memiliki ilmu pengetahuan yang banyak sehingga mereka memerikan respon pertanyaan maupun jawaban saat kegiatan berlangsung.

Sebelum video di putar menurut Ibu Zahriyah sebagai penggerak mengatakan bahwa Kegiatan Gulu Belajar ini sangat penting dilakukan agar terciptanya kualitas pendidikan yang semakin baik karena adanya wadah guru untuk saling berbagi informasi, pengalaman dan wawasan sehingga dapat menampung ide dan solusi pembelajaran di sekolah.

Maka dalam video ini dijelaskan bahwa ada 2 tipe guru yang mudah menerapkan merdeka belajar dan ada juga yang sulit, disebabkan tipe pertama adalah guru memiliki prinsip bahwa belajar perlu insentif eksternal, sedangkan guru tipe kedua menyatakan bahwa belajar sebagai kebutuhan alamiah. Seorang guru yang memiliki prinsip bahwa belajar merupakan kebutuhan alamiah akan dapat memberikan motivasi pada muridnya bahwa belajar itu menyenangkan dan tidak harus ada tekanan.

Nilai-nilai pendidikan yang dapat diambil dari nontong bareng ini adalah:

  1. Guru memiliki kebutuhan alamiah dalam belajar dan mengajar
  2. Guru harus memiliki komitmen dalam melaksanakan dan mencintai pendidikan
  3. Guru harus memiliki kemandirian dalam belajar dan memberikan contoh tauladan
  4. Guru harus reflektif sehingga dapat terus melakukan perbaikan diri dalam mengajarkan ilmu

Melalui nonton guru merdeka belajar dapat dipahami bahwa guru harus memiliki ilmu dan wawasan serta pergaulan sosial dengan temannya sehingga mampu menjadi pribadi yang ideal yaitu cerdas interpersonal dan intrapersonal. Merdeka belajar harus dirasakan oleh semua murid, maka dalam hal ini terlebih dahulu guru harus merdeka belajar, sehingga murid akan mengikuti gurunya yang mampu merdeka belajar.  Setelah mengetahui makna guru merdeka belajar itu sangat penting, maka di harapkan setiap guru dapat menerapkannya di sekolah masing-masing. Sehingga tujuan pembelajaran dapat terlaksana.

Peran orang tua, lingkungan masyarakat dan sekolah sangat mempengaruhi seseorang untuk merdeka belajar. Hal ini disebabkan faktor fisik seseorang yang berbeda, ada yang sangat semangat dalam belajar sehingga ada peserta yang dapat  disiplin dalam memanajemen waktu agar dapat datang ke lokasi kegiatan belajar dengan tepat waktu. Tipe lainnya ada beberapa peserta yang mampu bersosialisasi sehingga dia memiliki banyak teman atau relasi, bukan hanya relasi yang dia kenal namun juga pada orang lain yang tidak dia kenal di ruangan tersebut dengan cara menyapa maupun bertanya tentang kegiatan saat coffee break, hal ini disebabkan pesserta memiliki kecerdasan interpersonal. Begitu juga keadaan peserta yang lainnya ada yang merasakan tenang sehingga ia dapat tekun belajar hal ini karena mereka telah merasakan merdeka belajar.

Kegiatan yang berlangsung secara lancar membuat peserta merasakan manfaat dari kegiatan guru belajar tersebut. Adanya kondisi yang berbeda pada setiap peserta maka panitia juga berusaha untuk mengubah keadaan menjadi seperti yang diharapkan yaitu peserta tetap semangat belajar dan merasakan merdeka belajar dengan melihat kondisi peserta saat mereka jenuh maka panitia memberikan game agar peserta bersemangat dalam belajar. Pada saat kegiatan berlangsung ada kejadian yang menarik perhatian yaitu saat seorang ibu dan bapak yang mengikuti kegiatan tersebut mampu aktif maju ke depan memberikan pendapat meskipun diantara mereka ada yang masih muda dan ada yang tidak muda lagi. Namun yang menyentuh hati saya ada juga yang datang dari luar kota hanya untuk mengikuti kegiatan guru belajar tersebut. Kejadian lainnya yang sedih pada saat itu adalah saya lupa membawa charger laptop sehingga saya merasa sedih tidak dapat maksimal menggunakan laptop tersebut, namun pada saat itu  ada peserta yang membawa laptop sehingga kegiatan nonton bareng pun dilanjutkan hingga selesai. Kejadian pada saat kegiatan berlangsung memberikan makna bahwa setiap permasalahan ada jalan keluarnya dan ada yang memiliki perjuangan untuk belajar dan prinsip ini sangat menarik untuk dilanjutkan semua guru bahwa belajar itu harus dari hati yang merdeka sehingga dapat kita nikmati.

Sedangkan menurut panitia merdeka belajar adalah suatu kebutuhan yang datang dari jiwa pendidik sehingga hatinya tergerak untuk belajar karena mencintai anak didiknya. Selain itu merdeka belajar menurut peserta adalah keinginan seseorang untuk belajar meskipun harus menempuh jarak yang jauh.

Maka sebaiknya kita mampu menggerakkan sosialisasi untuk melaksanakan guru merdeka belajar sehingga tujuan pendidikan untuk memiliki murid yang memiliki ilmu pengetahuan, wawasan dan pendidikan karakter dapat terlaksana dengan baik. Konsep guru merdeka belajar harus terus dikembangkan menjadi lebih kreatif dan inovatif.  Sebab merdeka belajar sangat membantu menuju pendidikan yang berkualitas. 

About the Author

Leave a Reply

%d bloggers like this: