Seminar Pendidikan untuk Semua, Karier Murid Disabilitas

Penulis : Winda Dyah Uningrumjati | 23 Jan, 2020 | Kategori: Pelatihan Orangtua, Semarang

Murid penyandang disabilitas sudah waktunya untuk berkarir sesuai minat dan kemampuannya. Mengapa tidak? Akses belajar ke Perguruan Tinggi kini semakin terbuka lebar untuk mereka, salah satunya adalah Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang, yang setapak demi setapak setiap tahunnya selalu membenahi diri dengan melengkapi sarana dan prasarananya yang ramah difabel serta berusaha menambah jenis Program Studi yang selaras dan sesuai bagi penyandang disabilitas.

Sebut saja Henok Bagus Wijaya salah seorang mahasiswa aktif di UDINUS yang menjadi narasumber dalam  Seminar “Pendidikan Untuk Semua” yang menjadi Mahasiswa di Udinus semester akhir ini, mengatakan bahwa “Awalnya saya ragu ragu kuliah di UDINUS, apakah saya mampu mengikuti perkuliahan di UDINUS, dengan kondisi saya  yang Tuna Netra ini? Berkat informasi dan dukungan dari Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI) Jawa Tengah, akhirnya saya percaya diri sampai sekarang bahwa saya mampu dan bisa mengikuti perkuliahan di UDINUS”. “ Disini sekalipun saya difabel saya mendapat perlakuan yang sama dengan mahasiswa reguler lainnya, tidak dibedakan. Saya mendapatkan materi perkuliahan dan tugas yang sama dengan mahasiswa lain serta saya mengerjakan soal ujian yang sama tapi fasilitas yang saya peroleh dari UDINUS yang berbeda dengan  teman yang lain karena saya dibantu dengan ‘Laptop bicara’.

Paparan materi tentang pengalaman Denok Bagus Wijaya  belajar di UDINUS ini mendapat antusias yang cukup tinggi dari peserta Seminar yang diselenggarakan di YPAC Semarang pada tanggal 16 Desember 2019, Seminar ini diikuti oleh orang tua siswa dari berbagai SLB di Jawa Tengah seta SMA /SMK Inklusi di sekitar kota Semarang, di antaranya : SLBN BLORA, Sekolah inklusi SMA N 3 Demak, SLB ITB Kendal dan SLB C / D YPAC SEMARANG selaku tuan rumah.Hadir selaku Narasumber dari UDINUS diantaranya Bapak Mulyono dan Bapak Raden Arief Nugroho.

Dalam paparannya Bapak Mulyono dan Bapak Raden Arief Nugroho yang tampil kolaborasi ini menjelaskan bahwa UDINUS sangat terbuka bagi anak disabilitas yang ingin belajar di Perguruan Tinggi berwawasan IT yang terbaik di Jawa Tengah ini. Ada beberapa alumni mahasiswa difabel UDINUS yang sekarang melanjutkan studi S3 di Australia dengan beasiswa dari UDINUS. Hal ini membuktikan bahwa UDINUS siap melayani mahasiswa difabel yang dapat berprestasi dengan baik. Ada 2 Fakultas pilihan yang ditawarkan bagi mahasiswa Difabel diantaranya Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Komputer , dengan 8 pilihan Program studi. 

Dalam perkembangannya UDINUS masih mengakui masih memiliki banyak kekurangan untuk memberikan hak yang sama terhadap mahasiswa disabilitas , keterbatasan sarana dan prasarana yang masih kurang mendukung serta keterbatasan jurusan program studi yang dapat dipilih. 

Sementara itu senada dengan harapan orang tua ketika mengikuti sesi tanya jawab  dalam seminar ini, sangat berharap bantuan beasiswa bagi siswa Disabilitas untuk melanjutkan kuliah di PT dapat dialokasikan juga untuk Program Beasiswa Pelatihan Pendidikan  Vokasi bagi anak anak SLB, karena sangat menyadari secara akademik mereka banyak keterbatasan untuk ke jenjang bangku kuliah .Pertanyaan dan harapan senada juga disampaikan Bapak Imanudin   yang berharap program ini berlanjut sampai tahun depan, karena putranya kelas XI yang memiliki prestasi dibidang IT baru tahun depan ingin melanjutkan kuliah.

Sementara ibu Kastri Wahyuni, selaku ketua Yayasan YPAC Semarang, dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak Kampus Guru Cikal yang telah berkenan menyelenggarakan Seminar yang sangat bermanfaat ini bagi orang tua disabilitas , bahwa masih banyak yang kurang informasi untuk tindak lanjut belajar putra putrinya setelah tamat SMA, sehingga seminar yang serupa sangat diharapkan dapat dilaksanakan lagi, tidak yang pertama dan terakhir dari KGC terhadap YPAC Semarang. 

Kehadiran Kampus Guru Cikal dengan NusantaRun telah mampu menggugah semangat orang tua untuk lebih bersemangat mendampingi putra putrinya yang memiliki keistimewaan , Harapan demi harapan terus bertambah dan akan berbuah, Semoga kehadira nya senantiasa memberi berkah kepada sesama dan penyandang disabilitas khususnya.

Penulis : Moch. Purwanto (Guru SLB YPAC Semarang)

About the Author

Leave a Reply

%d bloggers like this: